Selasa, 09 Oktober 2012

Perbedaan antara Ensefalitis dan Meningitis


Ensefalitis adalah peradangan otak.

     Meningitis adalah peradangan pada selaput (disebut meninges) yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang.


     Siapapun yang mengalami gejala ensefalitis atau meningitis harus segera periksa ke dokter.

Apa ensefalitis?

Ensefalitis adalah peradangan otak. Ada banyak jenis ensefalitis, yang sebagian besar disebabkan oleh infeksi. Paling sering infeksi ini disebabkan oleh virus. Selain infeksi, ensefalitis juga dapat disebabkan oleh penyakit tertentu yang mengakibatkan radang otak.

Apa yang menyebabkan ensefalitis?

Ensefalitis adalah suatu kondisi langka yang disebabkan paling sering oleh virus. Penyebab utama ensefalitis berat adalah virus herpes simpleks. Yang sangat muda dan orang tua lebih cenderung memiliki kasus yang parah.

Paparan virus dapat terjadi melalui pernapasan dalam tetesan pernafasan dari orang yang terinfeksi, gigitan serangga tertentu, dan kontak langsung dengan kulit.

Apa ensefalitis gejala dan tanda-tanda?

Tanda-tanda dan gejala ensefalitis dapat berkisar dari ringan sampai gejala yang sangat berpotensi mengancam nyawa. Tanda dan gejala ensefalitis termasuk demam, sakit kepala mendadak, muntah, sensitivitas terhadap cahaya penglihatan, leher kaku dan punggung, kebingungan, mengantuk, gaya goyah, dan lekas marah. Kehilangan kesadaran, respon yang buruk, kejang, kelemahan otot, demensia berat yang tiba-tiba, dan kehilangan memori dapat juga ditemukan pada pasien dengan ensefalitis.

Siapapun yang mengalami gejala ensefalitis harus ke dokter segera.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar